Pengertian Web Server, Fungsi dan Contoh Web Server

Mralisadikin.net - Pengertian Web Server, Pengetahuan tentang web server juga sangat penting, karena dengan ini kita bisa mengetahui cara kerja internet. Pada artikel ini mralisadikin akan membahas tentang pengertian web server, fungsi web server, dan contoh web server.


A. Pengertian Web Server

mralisadikin.net - pengertian web server
mralisadikin.net - pengertian web server
Web server atau server web merupakan perangkat lunak (software) dalam server yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui protokol HTTP atau HTTPS dari client yang lebih dikenal dengan nama browser, kemudian mengirimkan kembali atau merespon hasil permintaan tersebut ke dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya berupa dokumen HTML atau PHP.

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa web server merupakan pelayan (pemberi layanan) bagi web client (browser) seperti Chrome, Mozilla, Internet Explorer, Safari, Opera dan lain-lain, supaya browser dapat menampilkan halaman atau data yang kamu minta.


B. Fungsi Web Server

mralisadikin.net - fungsi web server
mralisadikin.net - fungsi web server
Fungsi utama dari web server adalah untuk memindahkan atau mentransfer berkas yang diminta oleh pengguna melalui protokol komunikasi tertentu. Oleh karena itu, dalam satu halaman web biasanya terdiri dari berbagai macam jenis berkas seperti teks, gambar, video, audio, file dan lain-lain, maka pemanfaatan web server berfungsi juga untuk mentransfer keseluruhan aspek pemberkasan dalam halaman tersebut, termasuk gambar, teks, video, audio, file dan lain sebagainya.

Pada saat kamu ingin mengakses sebuah halaman website, biasanya kamu mengetik kata kunci yang kamu cari di halaman tersebut di browser seperti chrome, mozilla dan lain sebagainya. Setelah kamu meminta (biasanya dengan menekan enter) untuk dapat mengakses halaman tersebut, browser akan melakukan permintaan ke web server. Disinilah web server berperan, web server akan mencarikan data yang diminta browser, lalu mengirimkan data tersebut ke browser atau menolaknya jika ternyata data yang diminta tidak ditemukan.


C. Contoh Web Server

mralisadikin.net - contoh web server
mralisadikin.net - contoh web server

Beberapa contoh web server yang paling banyak digunakan diantaranya adalah:

  1. Apache
  2. Apache Tomcat
  3. Nginx
  4. Lighttpd
  5. Litespeed
  6. Microsoft Internet Information Services (IIS)

0 Comments

Silakan berkomentar yang baik, dilarang komentar yang berbentuk spam, misalnya unsur pornografi, kata-kata jorok. dll
EmoticonEmoticon